LATIH KEMANDIRIAN DAN UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM PESANTREN KILAT

Pesantren kilat yang diselenggarakan pada tanggal 1 april sampai dengan 3 april 2024 di Masjid Baitusshidqi dan SMA PKP Jakarta merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dibulan Ramadhan. Pada tahun ini SMA PKP mengusung tema Pesantren kilat yaitu “Merajut diri menjadi pribadi islami dalam bulan penuh keberkahan”.

Kegiatan pesantren kilat diawali dengan sholat dhuha dan tadarus bersama di Masjid baitusshidqi lalu dilanjut dengan sambutan dari kepala sekolah SMA PKP, ibu Hj. Ummi Athiyah. S. H. beliau menyampaikan  bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keilmuan keislaman bagi peserta didik dan melatih untuk hidup mandiri serta memiliki kepribadian pemimpin yang berilmu dan berakhlak mulia.  

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Drs. Yayat W. Heriyanto, M.M., M.Ikom. selaku ketua Dikdasmen YPKP DKI Jakarta. Pada hari pertama kegiatan ini, dilakukan pemaparan materi berjudul “Membangun Karakter (Disiplin Positif Berkata Baik)” oleh Ibu Hj. Ummi Athiyah, S. H.

Selanjutnya perserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kajian dan Tahsin lalu dilanjut dengan sholat dzuhur berjamaah, tadarus dan kultum oleh peserta didik. 

Memasuki hari kedua, peserta didik hadir di sekolah pada pukul 13.00 untuk menerima beberapa materi dari Bapak KH Rusnadi dan Bapak Rafly, penampilan pemenang MTQ dan MHQ, tadarus Al-Qur’an, buka bersama, sholat magrib, sholat tarawih dan witir. 

Pada kesempatan ini, SMA PKP menghadirkan Ustadz Kasif Heer yang menyampaikan motivasi dan renungan malam tentang “Merajut diri dalam pribadi Islami dibulan penuh keberkahan”.

Hari ketiga, dilanjut dengan kegiatan Sholat Tahajud, sahur, sholat shubuh berjamaah dan tadarus al-qur’an. Di pagi hari, peserta didik berlatih memanah yang dipimpin oleh Samuel kelas XI.4.

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta didik memiliki jiwa kepemimpinan, kemandirian, semangat ibadah, dan ukhuwah Islamiyah.

About SMA PKP JIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *